Waktu yang Anda
miliki pasti akan sering terbagi. Saat Anda tidak bisa menghilangkan
interupsi-interupsi itu, Anda harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang
harus Anda luangkan untuk interupsi tersebut, dan berapa banyak waktu yang
harus anda luangkan untuk berpikir, berinteraksi dengan orang lain, dan
mengambil tindakan untuk kesuksesan.
Adapun cara memanajemen waktu :
1. Waktu-waktu di saat badanmu
masih segar, pikiran masih jernih adalah saat yang tepat untuk mengerjakan
suatu pekerjaan.
Pastikan kamu melakukan
pekerjaan yang sulit atau memerlukan pemikiran lebih di waktu produktifmu.
Jangan mengerjakan sesuatu yang sulit di saat tubuh lelah dan pikiran yang
penat karena kamu akan sulit berkonsentrasi dan pekerjaanmu tidak akan maksimal.
2. Rencanakan kegiatanmu
Buatlah catatan to-do-list
(daftar pekerjaan yang harus dikerjakan) sebagai panduan dalam kegiatan
sehari-hari. Dan pastikan rencanamu REALISTIS! Ketahuilah kemampuanmu sendiri
dan jangan membuat rencana yang muluk-muluk yang di masa depan akan membuatmu
kewalahan.
3. Terapkan skala prioritas
Jika kamu memiliki
pekerjaan yang sangat banyak untuk dilakukan, skala prioritas merupakan hal
yang sangat penting.
4. Tuliskan pekerjaan yang
sudah diselesaikan
Buatlah juga daftar
pekerjaan yang sudah kamu selesaikan untuk mengetahui sudah seberapa jauh kamu
sudah menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan ini, kamu tidak perlu terus menerus
mengecek ulang pekerjaan mana yang sudah selesai dan mana yang belum.
5. Atasi kebiasaan
menunda-nunda
Orang yang menunda
pekerjaan umumnya takut stress saat mengerjakan pekerjaan yang tidak
menyenangkan baginya, padahal saat sudah mendekati deadline, kamu justru akan
jauh lebih stress. Atasi kebiasaan seperti ini dengan mengerjakan kewajibanmu
terlebih dahulu, nantinya kamu akan lebih tenang saat beristirahat atau having
fun.
Sifat perfeksionis tidak
akan membuat pekerjaanmu lebih baik secara keseluruhan. Akan lebih baik jika
kamu juga mengerjakan yang lain juga dan jika kamu memiliki sisa waktu, kamu
bisa memperbaiki kekurangan dalam pekerjaanmu.
7. Istirahat yang cukup
Beristirahat 6-8 jam sehari
memiliki efek yang sangat baik untuk mempertahankan produktivitas kita.
8. Belajar untuk menolak
Orang yang mengalami
kesulitan untuk berkata tidak biasanya karena ia takut menyinggung orang lain,
ingin dipuji, ingin dianggap sebagai ‘orang baik’ dan tidak memiliki prioritas.
9. Membagi tugas
10. Manfaatkan teknologi
Zaman ini teknologi sudah
sangat berkembang dengan pesat dan beberapa harganya sudah tidak semahal dulu.
Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas sekaligus
menggunakan waktumu secara efektif.
Terus menerus bertanya,
“Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang? dan KERJAKAN!
Intinya adalah “kerjakan
apa yang kamu tuliskan, dan tuliskan apa yang kamu kerjakan”. Semua itu
dikerjakan menggunakan cara. Cara terbaik untuk memulai adalah memulainya
(Marie Edmund Jones).
0 komentar:
Posting Komentar