Manajemen waktu yang OK!!!!!



Waktu yang Anda miliki pasti akan sering terbagi. Saat Anda tidak bisa menghilangkan interupsi-interupsi itu, Anda harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang harus Anda luangkan untuk interupsi tersebut, dan berapa banyak waktu yang harus anda luangkan untuk berpikir, berinteraksi dengan orang lain, dan mengambil tindakan untuk kesuksesan.


Adapun cara memanajemen waktu : 
1.      Waktu-waktu di saat badanmu masih segar, pikiran masih jernih adalah saat yang tepat untuk mengerjakan suatu pekerjaan.
Pastikan kamu melakukan pekerjaan yang sulit atau memerlukan pemikiran lebih di waktu produktifmu. Jangan mengerjakan sesuatu yang sulit di saat tubuh lelah dan pikiran yang penat karena kamu akan sulit berkonsentrasi dan pekerjaanmu tidak akan maksimal.
  2.      Rencanakan kegiatanmu
Buatlah catatan to-do-list (daftar pekerjaan yang harus dikerjakan) sebagai panduan dalam kegiatan sehari-hari. Dan pastikan rencanamu REALISTIS! Ketahuilah kemampuanmu sendiri dan jangan membuat rencana yang muluk-muluk yang di masa depan akan membuatmu kewalahan.
  3.      Terapkan skala prioritas
Jika kamu memiliki pekerjaan yang sangat banyak untuk dilakukan, skala prioritas merupakan hal yang sangat penting. 
4.      Tuliskan pekerjaan yang sudah diselesaikan
Buatlah juga daftar pekerjaan yang sudah kamu selesaikan untuk mengetahui sudah seberapa jauh kamu sudah menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan ini, kamu tidak perlu terus menerus mengecek ulang pekerjaan mana yang sudah selesai dan mana yang belum.
5.      Atasi kebiasaan menunda-nunda
Orang yang menunda pekerjaan umumnya takut stress saat mengerjakan pekerjaan yang tidak menyenangkan baginya, padahal saat sudah mendekati deadline, kamu justru akan jauh lebih stress. Atasi kebiasaan seperti ini dengan mengerjakan kewajibanmu terlebih dahulu, nantinya kamu akan lebih tenang saat beristirahat atau having fun.
   6.      Hindari sifat perfeksionis
Sifat perfeksionis tidak akan membuat pekerjaanmu lebih baik secara keseluruhan. Akan lebih baik jika kamu juga mengerjakan yang lain juga dan jika kamu memiliki sisa waktu, kamu bisa memperbaiki kekurangan dalam pekerjaanmu.
   7.      Istirahat yang cukup
Beristirahat 6-8 jam sehari memiliki efek yang sangat baik untuk mempertahankan produktivitas kita.
8.      Belajar untuk menolak
Orang yang mengalami kesulitan untuk berkata tidak biasanya karena ia takut menyinggung orang lain, ingin dipuji, ingin dianggap sebagai ‘orang baik’ dan tidak memiliki prioritas.
   9.      Membagi tugas
  10.  Manfaatkan teknologi
Zaman ini teknologi sudah sangat berkembang dengan pesat dan beberapa harganya sudah tidak semahal dulu. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menggunakan waktumu secara efektif.

  
Terus menerus bertanya, “Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang? dan KERJAKAN!
Intinya adalahkerjakan apa yang kamu tuliskan, dan tuliskan apa yang kamu kerjakan”. Semua itu dikerjakan menggunakan cara. Cara terbaik untuk memulai adalah memulainya (Marie Edmund Jones).



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar